19 Maret 2008

Ekstra Kurikuler

TUJUAN KEGIATAN
EKSTRA KURIKULER SMPN 4 CIAMIS :

1. Membina dan mengembangkan bakat, minat, serta kreativitas siswa, sehingga membentuk siswa yang terampil, percaya diri, dan mandiri.

2. Menumbuhkembangkan berbagai nilai kepribadian bangsa, sehingga terbentuk siswa yang berwatak baik, beriman, dan berakhlak mulia.

3. Memperluas dan mempertajam pengetahuan siswa yang telah diperoleh dalam kegiatan belajar-mengajar.

4. Memilih bibit-bibit unggul dalam bidang keilmuan, keterampilan, keolahragaan, dan kesenian untuk diikutsertakan dalam kegiatan lomba tingkat daerah maupun nasional yang mewakili SMPN 4 Ciamis

5. Menimba ilmu sesuai bakat dan minat siswa sehingga dapat menggapai prestasi.


PROFIL KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER SMPN 4 Ciamis

Sekolah, sebagai institusi pendidikan, sesungguhnya tidak hanya berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam hal-hal yang sifatnya akademis, tetapi juga berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam hal-hal yang sifatnya non-akademis. Pada tataran non-akademis inilah, sekolah harus memberikan tempat bagi tumbuh-kembangnya beragam bakat dan kreativitas sehingga mampu membuat siswa menjadi manusia yang memiliki kebebasan berkreasi namun sekaligus memiliki akhlak yang baik. Hal demikian dimungkinkan dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler.

SMPN 4 Ciamis, sebagai lembaga pendidikan, menyadari pentingnya pengembangan bakat, minat, serta kreativitas yang dimiliki siswa. Agar siswa dapat memahami bakat serta kemampuannya, maka diadakanlah kegiatan ekstrakurikuler.

Salah satu kelebihan sekolah-sekolah di lingkungan SMPN 4 Ciamis adalah jumlah kegiatan ekstrakurikulernya yang sangat banyak. Selain sebagai penunjang materi kurikulum, kegiatan ini juga bertujuan menyalurkan bakat dan kreativitas siswa, sekaligus untuk mengisi waktu luang mereka, yang dibagi dalam tiga kategori

A. Bidang Keilmuan dan Keterampilan

B. Bidang Kesenian

C. Bidang Olahraga

Tempat pelaksanaan kegiatan ekskul, ada yang berada di lingkungan sekolah dan ada juga yang di luar sekolah, khususnya kegiatan ekskul yang fasilitasnya tidak ada di sekolah.

Pendanaan kegiatan ekstrakurikuler berasal dari sekolah dan iuran siswa yang dibayarkan tiap awal semester. Besarnya biaya kegiatan ekstrakurikuler bervariasi tergantung dari jenis ekskul.

Setiap kegiatan ekstrakurikuler dipandu pelatih dari luar SMPN 4 Ciamis dan pembimbing dari guru SMPN 4 Ciamis. Tugas pembimbing adalah membimbing, membina, dan mengevaluasi ekskul yang dibinanya serta melaporkan perkembangan siswa yang mengikuti kegiatan ekskul kepada wali kelas.

Setiap siswa kelas 7, 8, diwajibkan mengikuti paling sedikit satu kegiatan ekstrakurikuler, sedangkan siswa kelas 9 diberikan kesempatan untuk mengikuti hanya semester ganjil.

Di bawah ini deskripsi singkat masing-masing kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMPN 4 Ciamis.

A. BIDANG KEILMUAN DAN KETERAMPILAN

Kegiatan ekstrakurikuler bidang keilmuan ditekankan pada rasa keingintahuan siswa dalam bidang-bidang tertentu, dan lebih diarahkan pada penelitian atau studi banding. Dengan demikian, siswa dapat menjawab pikiran kritis tentang ilmu yang mereka dalami sekaligus memperdalam pengetahuan yang mereka dapat dari sekolah. Sedangkan di bidang keterampilan, siswa diharapkan mampu menguasai berbagai bidang keahlian khusus, misalnya terampil berbahasa, menggunakan komputer,dan lain lain.

1. Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)

Kelompok Ilmiah Remaja, atau KIR, merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki bakat penelitian, baik dalam penelitian ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial.

2. Kelompok Ikatan Remaja Mesjid (IRM)

Kelompok Pendalaman Islam, Kolami, memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki bakat mendalami Islam, seperti kaligrafi Arab, tilawah, serta pendalaman tentang tafsir Al-Quran. Kegiatan ekstrakurikuler IRM dilaksanakan setiap hari Sabtu.

3. English Club

English Club, EC, merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperdalam keterampilan berbahasa Inggris, seperti reading, writing, speaking, dan listening.

4. Komputer

Kegiatan ekstrakurikuler komputer merupakan tempat bagi siswa yang ingin memperdalam keterampilan dalam mengoperasikan komputer, seperti Microsoft Office, Dekstop Publishing, Internet, Web Design, Progammer, dan lain-lain, yang sangat berguna dalam tatanan masyarakat modern, yang sudah serba komputer, di bawah bimbingan guru komputer SMPN 4 Ciamis, dengan hari latihan setiap Sabtu setelah pulang sekolah.

B. BIDANG KESENIAN

Kesenian merupakan salah satu unsur dari tujuh unsur kebudayaan. Namun kebanyakan orang menganggap, kebudayaan adalah kesenian. Ini memang dapat dipahami, karena kesenian sangat erat kaitannya dengan nilai estetika. Pepatah mengatakan, dengan ilmu hidup jadi mudah, dengan seni hidup jadi indah.

Kegiatan ekstrakurikuler kesenian merupakan wadah bagi siswa-siswi untuk berkarya dan berkreativitas dengan dilandasi nilai-nilai estetika, sehingga kehalusan rasa dan estetika siswa dapat tersalurkan dengan baik.

Dalam bidang kesenian, SMPN 4 Ciamis membuka beberapa bidang kegiatan ekstrakurikuler:

1. Teater
Teater merupakan cabang kegiatan ekstrakurikuler yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan seni peran atau seni pementasan. Dalam kegiatan ini, siswa dipandu untuk berlatih olah suara, memahami naskah, memahami karakter tokoh, dan yang penting memerankan tokoh, baik yang protogonis maupun antagonis.

2. Paduan Suara
Suara manusia yang dialunkan dengan baik dan merdu akan dapat melahirkan keindahan dan kenikmatan yang luar biasa. Banyak orang yang mencintai seseorang karena keindahan suaranya. Apalagi bila dipadukan, sehingga menimbulkan keharmonisan serta keindahan, suara tersebut dapat menciptakan kenyamanan dan ketenteraman batin. Paduan suara merupakan kegiatan ekskul yang melatih siswa dalam berolah vokal serta melatih siswa untuk dapat menciptakan keharmonisan dari berbagai jenis suara, yakni sopran, alto, tenor, maupun bas.

3. Karawitan
Karawitan adalah kegiatan ekskul yang sangat menarik dan mendapat perhatian hadirin ketika sedang pentas. Karawitan, sebagai budaya asli dan jati diri bangsa Indonesia, memang harus dilestarikan.
C. BIDANG OLAHRAGA

Prestasi siswa SMPN 4 Ciamis di bidang olahraga tidaklah kalah dengan sekolah lain, dan sangat diperhitungkan. Ini terbukti dengan banyaknya piala dan piagam yang tersimpan di ruang kepala sekolah maupun perpustakaan. Begitu banyak bakat dan minat siswa di bidang ini. Hal itu terlihat dari jumlah siswa yang tidak sedikit yang mengambil kegiatan ekskul olahraga.

1. Sepak Bola
Sepak bola merupakan olahraga yang cukup banyak diminati siswa putra, dan merupakan mainan utama ataupun mainan selingan sebelum masuk atau sesudah pulang sekolah. Hampir tiap semester ekskul ini tidak pernah sepi dari peminat. Tempat latihan sepak bola di Stadion Galuh Ciamis atau di Cilame.


2. Basket
Basket merupakan salah satu kegiatan ekskul yang paling banyak diminati siswa, putra ataupun putri.

3. Tenis Meja

“Ingin konsentrasi? Masuklah ekskul ini!” Itu hanya slogan kegiatan ekskul tenis meja, yang sebagian orang percaya dapat melatih konsentrasi siswa. Mungkin karena gerakan bolanya sangat cepat, sehingga bukan hanya konsentrasi yang diperlukan tetapi juga gerakan refleks dan pengendalian emosi.


4. Pencak Silat
Bela diri pencak silat sangat digemari di Indonesia. Hampir setiap orang mampu untuk menguasainya. Tempatnya di luar sekolah.

5. Palang Merah Remaja
Jika kalian memiliki jiwa sosial yang tinggi, bergabunglah dengan kegiatan ekskul ini. PMR adalah kegiatan ekskul yang terkoordinir dengan rapi dan merupakan organisasi yang baik selain OSIS. Moto yang dikembangkan kegiatan ekskul PMR yaitu “Disiplin, Mandiri, dan Bertanggung Jawab”. Kegiatan-kegiatan sosial yang pernah dilakukan PMR adalah bakti sosial, donor darah, P3K, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya. Ketika diadakan upacara bendera, tim PMR biasanya diperbantukan di belakang barisan siswa, untuk mengantisipasi keadaan jika ada siswa yang sakit atau pingsan.


6. Paskibra
Paskibra, atau pasukan pengibar bendera, merupakan kegiatan yang memberikan keterampilan kepada siswa tentang tata cara pengibaran bendera, baik di dalam upacara-upacara bendera di sekolah maupun di pemerintahan. Selan itu, juga dikembangkan teknik-teknik baris-berbaris dengan variasi-variasinya.