19 Maret 2008

Profile Sekolah

Sejarah Singkat

Secara historis SMPN 4 Ciamis didirikan tahun 1950 dan mulai beroperasi tahun 1953 sebelumnya adalah SMEP sampai tahun 1973 di alih nama menjadi SMPN 3 Ciamis selanjutnya alih nama lagi pada tahun 1997 menjadi SMPN 4 Ciamis sampai sekarang. Dari tahun ke tahunkeberadaannya kian berkembang sejalan dengan bertambahnya siswa yang masuk ke sekolah ini, Sehingga kebutuhan akan sarana ruang kelas terus bertambah sampai akhirnya secara bertahap ruangan kelas bertambah sampai dengan tahun 2007 menjadi 22 ruang belajar.
Status SekolahStatus SMP 4 Ciamis ini adalah negeri. Sekolah ini berdiri di bawah naungan Dinas Pendidikan. Yang berada di Kelurahan Ciamis Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Dengan Nomor Statistik Sekolah (NSS) 201021401003 beralamat di Jalan Tentara Pelajar No. 02 Desa / Kelurahan Ciamis Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Propinsi Jawa Barat Telepon (0265) 771071 Kode Pos 46211

V I S I :
SMP Negeri 4 Ciamis menyiapkan peserta didik yang memiliki kepribadian cendekia, jujur, amanah, berakhlak mulia, sehingga dapat mengembangkan dirinya secara optimal.

M I S I :
1. Mengembangkan standar kompetensi lulusan pada Tk. Satuan Pendidikan SMP.
2. Memberikan pelayanan psiko paedagogis yang religius.
3. Membantu mengembangkan kompetensi siswa untuk memenuhi tugas perkembangannya.
4. Membantu siswa mengembangkan potensi akademik dan non akademik sesuai bakat, minat dan keunikan diri yang dimilikinya.
5. Menanamkan sikap belajar terus menerus dan penuh percaya diri.


STRATEGI :

1. Seluruh civitas akademika berupaya datang tepat waktu dan memahami tugas masing-masing bekerja secara profesional dan proporsional yang dilandasi rasa penuh tanggung jawab disertai dengan sikap keikhlasan yang tulus.

2. Memberikan pelayanan yang baik kepada siswa orang tua dan stake holder lainnya.

3. Membiasakan diri dan berupaya menjadi suri tauladan bagi dirinya, orang tua dan masyarakat sekitarnya.

4. Membiasakan diri sholat tepat waktu berjama’ah, berbusana islami, bertutur kata yang sesuai dengan budaya “Urang Sunda”serta menjaga tata nilai budaya bangsa Indonesia.

5. Mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil-kecil, mulai saat ini.